Media Informasi dan Silaturahmi Aparatur Sipil Negara Indonesia (ASN-ID)

Lowongan CPNS/ASN 2015 Akan Segera Dibuka

Kabar gembira bagi para pencari kerja. Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini, akan segera dibuka. Ini menjadi peluang bagi pencari kerja yang berkeinginan menjadi abdi Negara.

Sebagaimana disebutkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), saat ini sudah masuk pada tahapan pengusulan formasi dari daerah ke pusat. “Tahapan ini sebenarnya sudah dimulai sejak Januari. Karena, bulan ini (April, red) tenggat waktu yang diberikan bagi daerah untuk mengusulkan formasi,” kata Deputi SDM KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmadja.

Dijelaskan, semua formasi terkumpul, pihaknya membutuhkan waktu sekira satu bulan untuk memverifikasi usulan daerah. Verifikasi nantinya akan dilihat belanja publik dalam APBD, kemudian analisis jabatan dan analisi beban kerja. “Setelah proses verifikasi ini tuntas, kemungkinan besar tes paling cepat antara Juni-Juli. Atau paling lambat Agustus,” sebutnya.

“Jika tidak, daerah tersebut terancam tidak ada rekrutmen CPNS 2015. Jadi kami meminta semua daerah mengajukan formasi yang dibutuhkan sesuai dengan analisis jabatan di masing-masing daerah,” sambung Setiawan

Proses verifikasi yang cukup lama tersebut dinilai baik bagi masyarakat yang bakal mengikuti penerimaan CPNS. Sebab memberikan waktu yang cukup untuk mempersiapkan pendaftar guna menghadapi tes CPNS yang kembali memakai sistem computer assisted test (CAT).

Dikatakannya, penerimaan tahun berdasarkan siklus tahunan penerimaan CPNS. “Semoga tidak ada perubahan. Pastinya penerimaan tahun ini sangat ketat, semua harus berdasarkan kemampuan seorang CPNS. Jadi persiapkan diri kita sebaik mungkin,” tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi menegaskan, rekrutmen akan diperketat. Dirinya memastikan penerimaan CPNS bersih dari praktik Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN).

Bagi Yuddy, semua proses perekrutan dari daerah hingga ke pusat harus sesuai prosedur. Sebab pihaknya sangat selektif selama proses seleksi dengan melakukan pemantauan langsung hingga proses pengumuman kelulusan bagi CPNS.

“Sangat ketat ya, sebab semua laporan hingga nomor CPNS bakal sampai ke meja saya. Prosesnya seperti apa, saya akan lihat dan tanda tangani sendiri. Jadi, kalau ada yang mau main-main, sebaiknya dipikir-pikir lagi. Karena jika ketahuan akibatnya sangat fatal. Akan dikenakan sanksi berat," tegasnya.

Yuddy menuturkan jika ada yang menemukan aksi suap selama proses seleksi CPNS, diharapkannya supaya dilaporkan dengan menunjukan bukti-bukti untuk diproses ke ranah hukum. “Sekali lagi saya tegaskan tidak ada kesempatan mau main curang. Kalau ada yang protes, tunjukan buktinya. Pasti diproses hukum,” tukas Yuddy.

Masih dikatakan Yuddy, untuk kebutuhan PNS berkisar 100 ribu orang, sementara angkatan kerja sekitar tiga juta dalam setahun. “Bagi para CPNS, terus berusaha, belajar serta berdoa. Seluruh elemen masyarakat, silakan mencoba mendaftar. Yang jelas kelulusan bakal ditentukan dari prestasi seorang CPNS itu sendiri,” tutupnya.

Sekadar diketahui, Januari lalu pemerintah melakukan moratorium atau penghentian sementara rekrutmen CPNS. Tetapi aturan tersebut tidak mengikat. Pasalnya, untuk beberapa jabatan tertentu, pemerintah tetap membuka lamarannya bagi CPNS. Dimana, hal tersebut bertujuan untuk menunjang program reformasi birokrasi dari pemerintahan presiden Jokowi-JK. Sumber: manadopostonline.com.

Tags yang terkait lowongan asn 2015: lowongan asn 2015, pensiunan tahun 2015, penerimaan pensiunan tahun 2015, pendaftaran asn 2015 online, penerimaan asn 2015, formasi asn 2015, asn 2015, lowongan cpns 2015, pensiunan tahun 2015, penerimaan pensiunan tahun 2015, pendaftaran cpns 2015 online, penerimaan cpns 2015, formasi cpns 2015, cpns 2015.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Lowongan CPNS/ASN 2015 Akan Segera Dibuka

1 comments: