Media Informasi dan Silaturahmi Aparatur Sipil Negara Indonesia (ASN-ID)

Inilah Tabel Daftar Gaji PNS/ASN Tahun 2016

Membicarakan gaji PNS/ASN memang tak ada matinya. Banyak sekali netter yang mencari informasi tentang daftar gaji PNS, terutama mereka yang saat ini sedang berburu lowongan pekerjaan. Nah, posting kali ini saya akan membahas daftar tabel gaji PNS tahun 2016.

Sebelum membahas daftar tabel gaji PNS tahun 2016, mari kita lihat dulu daftar tabel gaji PNS tahun 2015 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Daftar Gaji PNS Golongan I Tahun 2015

 Daftar Gaji PNS Golongan II Tahun 2015
 Daftar Gaji PNS Golongan III Tahun 2015
 Daftar Gaji PNS Golongan IV Tahun 2015

Berdasarkan RAPBN tahun 2016, tidak ada kenaikan gaji pokok bagi PNS. Sebagai kompensasinya, tahun depan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bakal 'gajian' 14 kali dalam setahun (12 bulan). Pasalnya, setelah menerima gaji ke-13, mereka juga akan mendapatkan THR.

Dengan demikian, gaji pokok PNS tahun 2016 nanti akan sama dengan daftar gaji PNS tahun 2015 sebagaimana terlihat pada gambar di atas sesuai dengan golongan dan masa kerja PNS yang bersangkutan. Informasi lengkap tentang gaji PNS,  Tunjangan Kinerja PNS, Tunjangan PNS,  THR PNS, Tunjangan Kemahalan PNS, bisa Anda kunjungi www.gajipns.com

Tags yang terkait dengan gaji pns 2016: gaji asn, gaji asn2016, daftar gaji asn, standar gaji asn 2016, sistem gaji asn 2016, rencana gaji asn 2016, aturan gaji asn 2016, gaji pegawai asn, gaji pegawai asn 2016.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Tabel Daftar Gaji PNS/ASN Tahun 2016

47 comments:

  1. bersyukur sih boleh aja, tapi berharap kalau bisa tunda dulu. Sebab, biasanya kenaikan penghasilan PNS didahului oleh kenaikan harga barang.

    ReplyDelete
  2. semoga menjadi PNS yang pandai bersyukur

    ReplyDelete
  3. Gaji pokok tidak naik diganti gaji 13 dan 14
    Bagaimana dengan gaji pokok saat PNS pensiun apabila tidak terjadi kenaikan sama sekali? Mohon disikapi dengan bijak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenaikan gaji PNS menunggu pertumbuhan perekonomian 6%, kalo pendapatan pemerintah tidak naik, darimana uang buat bayarnya? kenapa kenaikan gaji diganti gaji 14, karena kenaikan gaji, pemerintah harus membayar potongan IWP yang harus disetor ke BPJS, Kantor pajak dll, tapi kalo gaji 14 hanya membayar subsidi PPh saja, jadi pengeluaran pemerintah lebih rendah

      Delete
  4. kalo bisa setiap ada kenaikan gaji bagi pns jangan disebar dahulu, langsung aja masuk ke gaji pns nya sebab selalu saja didahului dengan kenaikan harga kebutuhan sehingga ga ada artinya gaji naik juga.

    ReplyDelete
  5. saya setuju komen dari rekan saya a.n sweetmom

    ReplyDelete
  6. pemerintah akan menambah gaji pns menjadi s/d ke 14, tapi tidak menaikan gaji. Harapan yg dimiliki pns hanyalah kenaikan gaji.Kiranya perlu diperhatikan adanya perombakan ttg sistem penggajian yg sdh berlangsung lama. wait n see. thanks.

    ReplyDelete
  7. ya saya setuju atas komen sweetmon dan kalau naik gaji tuh lumayan langeng kalau THR satu hari juga ludes

    ReplyDelete
  8. jika ada PNS/ASN bergaji pokok Rp. 2.500.000, maka selamanya (selama pemerintahan Jokowi) dia akan terima gaji ya segitu (Rp. 2.500.000) ditambah Gaji ke-13 dan ke-14. dan besarnya gaji ke 13 atau ke 14, juga ya segitu. kapan naik gajinya? cuma ngandelin KGB?

    ReplyDelete
  9. syukuri dan nikmati apa yg telah kita dapatkan... karena masih banyak yg masih dibawah kita...amienn

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah, sbg PNS sy senang dgn adanya kenaikan gaji atau gaji ke-14, tp sy sedih dan merana, sebab setiap ada kenaikan gaji selalu saja diikuti kenaikan harga barang2 komersial, bukan hy masyarakat berpenghasilan rendah yg kena dampaknya, PNS juga merasa tidak ada bedanya antara kenaikan gaji bila harga barang2 juga naik... Hendkanya pemerintah kontrol terhadp harga pasar..

    ReplyDelete
  11. gaji pns indonesia paling rendah dibandingkan dengan pns di asean apalagi dibandingkan dgn asia dan eropa...jadi jgn ada kata menaikan gaji akan membebani anggaran negara, justru sudah menjadi kewajiban negara utk mensejahterakan aparaturnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa gaji pns tiap thn ada la, biar sdikit tp ada, kita hanya mengharapkan KGB ataupun KP,bagaimna dong kalau nda ada kenaikan gaji bwt pns tiap tahunan.

      Delete
  12. saya setuju dengan abdinegoro,apalagi kita yang tinggal di daerah perbatasan,tambah kagi kemahalan daerah.pa jokowi kita berharap tiap tahun selalu ada kenaikan gaji pegawai.

    ReplyDelete
  13. saya setuju dengan abdinegoro,apalagi kita yang tinggal di daerah perbatasan,tambah kagi kemahalan daerah.pa jokowi kita berharap tiap tahun selalu ada kenaikan gaji pegawai.

    ReplyDelete
  14. saya setuju dengan sweetmom, sebaiknya pengaturan kenaikan gaji cukup di ubah pada aturan kenaikan berkala...hal ini agar tidak adanya ulah pengusaha nakal yang selalu menaikkan harga kebutuhan...

    ReplyDelete
  15. saya mh pengen gaji naik,gaji ke 14 dapet,,,,

    ReplyDelete
  16. Sebenarnya kalau dilihat dari Gaji Pokok PNS golongan terendah dengan masa kerja 0 Tahun(Gol 1a masa kerja 0 tahun = 1.486.500)masih di bawah Rata-rata UMK. PNS bisa lebih makmur jika gol. terendah disesuaikan dengan UMK dan golongan lainnya mengikuti naik.

    ReplyDelete
  17. heranya gaji segitu,,para PNS kok bisa beli barang2 mewah ya ?darimana ?apa ,,,ah sudahlah...

    ReplyDelete
  18. tetap ada kenaikan ,untuk mengikuti keuangan dunia

    ReplyDelete
  19. saya juga sama gaji naik ,gaji ke 14 tetap ada

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah, karena banyak komen bahwa masih banyak yang di bawah kita, jadi harusnya dapat diimbangi dengan peningkatan kinerja yang signifikan.

    ReplyDelete
  21. selamat untuk para pns ..yang tidak pns gak usah ngiri ..rejeki udah ada yang ngatur ...tak akan salah alamat ..

    ReplyDelete
  22. Setuju denga pendapat Pak Syaf Rizal......

    ReplyDelete
  23. tetap bersyukur dan dinikmati.... semua sudah di sejahterakan olehNya...

    ReplyDelete
  24. setuju dengan a.n. adhimasramadana waskita, memang di zona nyaman/PNS. juga perlu dipertimbangkan dimasa tua nya, sebaiknya mulai sekarang punya bisnis yang dijalan kan lebih awal, meskipun bukan sepenuhnya kita yang jalankan sbagai bekal masa pensiun

    ReplyDelete
  25. Lebih baik seperti selama ini, THR dapat, kenaikan gaji dapat,... daripada dapat Gaji Ke-14 berupa THR tp tidak ada kenaikan gaji..karena THR memang ada dari APBD...

    ReplyDelete
  26. kapan remonirasinya di wilayah NTB

    ReplyDelete
  27. yg udah pns masih kurang pandai bersyukur.

    ReplyDelete
  28. syukur PNS bisa sedikit bernapas lega...muda-mudahan berlanjut terus.....




    ReplyDelete
  29. Mending gaji PNS di naikin dari pada dapat gaji-14.....

    ReplyDelete
  30. mending gaji PNS dinaikan tiap tahun nya dari pada cuman dapat gaji ke-14....

    ReplyDelete
  31. Ngak usah ada kenaikkan gaji aja deh soalnya gaji PNS dijadikan tolak ukur harga barang di pasar, jadi kalo gaji PNS naik maka harga barangpun ikut naik..jadi naik gaji juga percuma dan ngak meningkatkan kesejahteraan PNS karena harga-harga jadi ikut naik dan kalo dihitung-hitung malah biaya hidup jadi lebih besar.... jadi SOLUSINYA SEBAIKNYA YANG DINAIKAN BESARANNYA ADALAH KENAIKAN GAJI BERKALA DAN JUGA KENAIKAN GAJI KARENA KENAIKAN PANGKAT agar tidak berimbas ke kenaikan harga barang.

    ReplyDelete
  32. semakin memperjauh kesenjangan antara pns dgn yg honor,, mdh2an aj negara in msh bs utuh 10 thn lg..

    ReplyDelete
  33. pns/asn naik 14 veteran yang bikin negara kok sedikit gajinya

    ReplyDelete