Media Informasi dan Silaturahmi Aparatur Sipil Negara Indonesia (ASN-ID)

Perpanjangan Jadwal Pengisian e-PUPNS 2015

Program pendataan ulang pegawai negeri sipil sistem elektronik (e-PUPNS) kini hampir memasuki dua bulan. Sejak diluncurkan 1 september lalu, ribuan PNS masih belum bisa juga terregistrasi datanya ke server e-PUPNS.

Jika kita melihat Perka BKN No 19 Tahun 2015 mengenai Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 2015 dan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor K.26-30/V77-4/99 Tanggal 27 Juli 2015 mengenai Implementasi e-PUPNS tahun 2015, bahwa terhitung mulai tanggal 1 September 2015 seluruh PNS wajib mendaftar untuk pendataan ulang secara elektronik pada situs ePUPNS BKN paling lambat sampai dengan bulan Desember 2015 maka wajib hukumnya bagi semua PNS di Indonesia untuk melakukan pendataan ulang PUPNS.

Dan jika sampai batas waktu yang sudah ditentukan dan PNS tersebut tidak melakkan updating data maka PNS tersebut akan menerima sanksi yaitu dikeluarkan dari database BKN sehingga akibatnya adalah beberapa layanan kepegawaian tidak bisa diproses

Dalam perjalanannnya, banyak sekali ditemui hambatan dan kendala, mulai dari web tidak bisa diakses, login logout dengan sendirinya dan berbagai permasalahan lain. Selain itu, sampai saat ini juga banyak PNS yang belum melakukan registrasi ePUPNS ini.

Karena itu Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan perubahan jadwal. Jika sebelumnya tenggat waktunya hingga 30 Desember 2015, kini diundur hingga Februari 2016 mendatang.
Kepala BKN Bima Wibisana menegaskan, perpanjangan jadwal tersebut merupakan salah satu solusi terbaik. Karen keadaan server yang tidak mudah diakses atau lemot.

"Kami berharap dengan adanya tambahan waktu tersebut, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh PNS untuk mengisi data mereka," ujar Bima sebagaimana dikutip dari Jawa Post  saat menghadiri acara reform corner ke-24 di Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (21/10).

Bima menambahkan, saat ini Tim Satgas e-PUPNS telah melakukan upaya dengan menambah kapasitas server. Selain itu pihaknya telah mengatur jadwal mengakses server e-PUPNS berdasarkan zona wilayah.

Tags yang terkait dengan e-PUPNS: bkn, menpan, sanksi e-pupns, pendaftaran e-pupns, formulir pengisian e-pupns, sanksi e-pupns, download perka bkn nomor 19 tahun 2015.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perpanjangan Jadwal Pengisian e-PUPNS 2015

0 comments:

Post a Comment